SELAYANG PANDANG AKAR KAYU JATI BLORA MENJADI PRODUK KOMODITI BERKELAS DAN EKONOMIS

Oleh : Edy Yulianto, Skom,SE

Wakil Ketua umum 2 Josay

 

Blora merupakan wilayah Kabupaten yang dikelilingi Hutan Jati. Terletak di Provinsi Jawa Tengah ujung paling Timur. Pada Tahun 1998 Persatuan Pedagang Furniture Eropa membuat program Forestry ecolabel yang di lakukan kemitraan antara Founder dari Nederland, LSM Latin jakarta, LSM Lokal Blora dengan Perum Perhutani KPH Cepu.

Tujuan dari kegiatan tersebut adalah melindungi Hutan lestari agar ekosistem tetap terjaga dari penebangan kayu liar dari masyarakat. Pengelolaan hutan bersama masyarakat (PHBM) diharapkan dapat mengendalikan rusaknya hutan sebagai paru-paru dunia. Disisi lain ada program pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan pendapatan Ekonomi dengan mengembangkan produk Furniture dan Handicraft. Melalui LMDH ( Lembaga Masyarakat Desa Hutan) Perum Perhutani mengharapkan dapat sharing bagi hasil hutan. Akar kayu jati sisa hasil penebangan perhutani dapat dimanfaatkam oleh LMDH untuk dapat di produksi menjadi Furniture dan Handicraft yang mempunyai nilai ekonomi tinggi.

Melalui Pembinaan kerjasama dengan Pemerintah daerah setempat hasil produksi pengrajin UKM dari bahan baku kayu jati yang berkualitas diberikan pelatihan dan stimulan permodalan serta kesempatan mengikuti Pameran skala lokal hingga internasional. Hasil produksi kerajinan tidak diragukan lagi hingga diakui produk kerajinan ini dapat diterima pasar luas. Banyak buyer buyer luar negeri yang berminat untuk datang kelokasi pameran hingga ke lokasi produksi. Namun demikian permasalahan dan kendala pengrajin masih ada terutama masalah permodalan untuk produksi kwantitas besar. Dan hal ini tentunya sangat berpengaruh pada pemenuhan kebutuhan pasar.

Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan konsultan pendamping yang dapat membantu pemecahan permasalahan pengrajin. Produk unggulan akar kayu jati di desain interior sesuai pesanan atau permintaan pembeli. Seperti produk Meubel meja, kursi, almari, sketsel, patung dan yang lainya mengikuti trend pasar. Hasil wawancara dengan pengrajin, diharapkan melalui media promosi lewat online dapat meningkatkan omzet penjualan. Contoh produknya sebagai berikut :

Masih banyak produk Furniture dari akar kayu jati berupa meja, kursi, almari, interior, tempat tidur yang dapat di akses melalui webside josay yang akan kami tampilkan di e commerce josay.org. Karya seni dan perabotan untuk melengkapi interor ruangan kantor, rumah, Hotel dan tempat wisata berbasis interior outdoor. Pengrajin siap melayani permintaan pembeli lewat on line maupun off line. Konsumen dijamin puas dengan kualitas bahan baku dan desain produk. WA 085225690058