JOSAY HADIR DAN BERPARTISIPASI DI FIRST INTERNATIONAL CONFERENCE ON SOCIAL SCIENCE

Bertempat di Aula Utama Universitas Komputer Indonesi di jalan dipati Ukur Bandung. Tengah berlangsung acara konferensi Internasional Pertama dibidang Social Science. Acara yang digagas oleh dan berkolaborasi antara PDRI, Unikom, Al Giffari University dan ICMI muda ini berlangsung sangat meriah dan sukses

Acara yang digelar pada tanggal 26 Agustus 2019 ini, mengangkat tema :

Human Capital in Facing New Pardigm of Industrial Revolution 4.0.

Menampilkan kolaborasi yang apik dari cendekiawan=cendekiawan dari Singapura, Malaysia, Vietnam , Philipina dan Indonesia untukmengupas permasalahan yang adapun sub tema yaitu : Business Administration, Human Resiurce Management, Public Policy, Public Administration, Marketing, Politics, political Marketing, Accountancy, Economic, Communication, Creative Economy, Creative Industry, Health dan Sibyek-subyek yang berhubungan.

Keynote Speaker yang dihadirkan adalah Prof.Dr Ali Ghufron Mukti, mantam Wakil Menteri Dikti yang sekarang menjabat sebagai Dirjend Sumber Daya Dikti, Anies Baswedan,PhD, gubernur Jakarta, dan Prof Dr. Aidhul Fitriciada, SH,MH dari ICMI Muda.

Adapun Pembicara dalam acara ini adalah sebagai berikut : Dr.Ing.Ilham Habibi,MBA, Prof Dr.A.R.Adji Hoesodo,PhD mewakili Global Profeneur University  Singapore, Prof Dr.Jamaliah Said dari UITM Malasia, Prof.Dr.Su Dinh Tanh dariUniversity of Economic Ho Chi Minh, Vietnam.

Prof.Dr.A.R.Adji Hoesodo,PhD sebagai Rektor GPU Singapore yang juga sekaligis Ketua Umum Josay Institute tampil dengan memaparkan makalah berbahasa Inggris dengan judul Competency Development of Human Capital in Industrial Revolution 4.0 :
Strategies for Higher Business Performance

Prof.Dr.A.R.Adji Hoesodo,PhD merupakan Alumni PPSA Lemhannas RI, yang juga mengajar di Malaysia dan Program Pascasarjana di Beberapa Perguruan Tinggi di Indonesia. Memaparkan tentang konsep Human Capital dan hubungannya dengan Kompetensi yang Relevan Untuk menyongsong Era Revoludi Industri 4.0 di Indonesia.

Human Capital atau modal manusia adalah konsep dimana Manusia menjadi modal utama di dalam organisasi manapun di era sekarang. Karen Human Capital mampu untuk menciptakan nilai yang sangat dibutuhkan oleh Organisasi. Jika kita bicara HRM jaman  dulu penekana ada di wilayah administratif tapi sekarang konsep lebih luas mengingat dunia semakin membutuhkan SDM yang tidak hanya administratif. Disinilah Human Capital muncul seiring dengan Orgnsasi yang terus dituntut untuk selalu bisa beradaptasi dan fleksibel seiring dengan laju nya perkembangan dunia luar. Maka juga muncul Learning Organization. Disini sangat butuh banyak orang-orang yang punya kapasital Mastery sebagai syarat Human Capital ini.

Pola-pola dari Revolusi Industri yng bersifat Agile, cepat dan tanggap membutuhkan SDM yang punya kompetensi khusus.

Rektor GPUini memberikan beberapa model atau grand Disign untuk menciptakan Human Capital yang Berkompetensi dalam mengantisipasi Revolusi Industri 4.0 ini.

Ada 6 wilayah yang harus di garis bawahi untuk mensukseskan ini, berikut uraiannya

Pertama Digital Awareness yaitu kemampuan memahami aplikasi digital yang berhubungan dengan bisnis.

Kedua adalah Data Driven Dicision Making, dimana data merupakan kunci alam mengambil keputusan , apalagi di era big data kita  butuh tool dan ilmu bagaimana data ini bisa diolah dan di interpertasika insight dari data ini.

Ketiga Human Centerd Disign, konsep ini artinya bagaiman mendisain produk dan jasa sesuai dari perspektif user.

Keempat Agile, dalam pengertian Agile ini suatu methoda yang didisain agar mempunyai respon yang cepat dan terukur.

Kelima Future Communication, Komuniksi efektif dengan pelanggan sebagai bentuk engagnment di era digital ini.

Keenam Risk and  Governance in Digital World, konsep keenam yang di paparkan ini mengandung tata kelola dan pengetahuan tentang resiko dalam mengelola keuangan di era digital ini.

Acara yang meriah dan bernuansa Ilmiah ini juga di hadiri oleh Ketua Dewan Pembina Josay Institute, yaitu Dr.Riana susanti,MSc ( JosayPers )